Moderator

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Google+ Followers

Translate

Saturday, April 20, 2013

Books "A WEREWOLF BOY"

Judul Asli : A WEREWOLF BOY
Text Copyright © 2012 Kim Mi Ri
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Alih Bahasa : Juliana Tan & Iingliana
Cetakan I : April 2013 ; 208 hlm
Rate : 3,5 of 5
Sepanjang malam aku menunggu matahari terbit di luar jendela
Karena begitu pagi tiba, aku bisa bertemu dengannya
Terima kasih karena menggengam tangnku
Terima kasih karena menatap mataku
Terima kasih karena kau yang kunanti-nanti akhirnya tiba di sini
Sepanjang hari aku menunggu bulan muncul di langit
Karena begitu malam tiba, aku bisa berbicara denganmu
Jangan lupakan janji kita
Jangn lupakan rahasia kita
Jangan lupakan betapa jantungku berdebar keras
Ketika menatap matamu
Betapa aku mencintai senyummu
Alkisah di sebuah tempat terpencil di Korea, hidupnya seorang pria, seorang ilmuwan, menyendiri, tak pernah berhubungan dengan siapa pun termasuk tetangga terdekat yang hanya segelintir. Ia menjalani kehidupan pribadi yang sunyi dan sepi hanya ditemani kawanan serigala yang dikurung dalam sebuah gubuk di dekat rumahnya. Hingga pada suatu hari, tepatnya di awal musim gugur tahun 1963, mendadak sang ilmuwan terkena serangan jantung dan tewas tanpa ada seorang pun di sisinya, meninggalkan warisan serta rahasia yang tak diketahui oleh siapa pun.

Tiga tahun kemudian, di tempat yang sama, sebuah keluarga terdiri dari seorang janda beserta kedua putrinya, pindah ke tempat itu. Mereka baru saja mengalami tragedi besar, sang suami, ayah, kepala keluarga, meninggal dunia dan meninggalkan segala kesulitan serta kerumitan uang memaksa mereka harus pindah dari kota. Putri tertua bernama Kim Sooni – memiliki kondisi kesehatan yang memaksanya harus banyak beristirahat dan tidak bisa mengikuti kegiatan sekolah biasa. Si bungsu yang lincah serta tomboi bernama Kim Soon Ja, tidak terlalu peduli dengan perbedaan kondisi kehidupan yang mereka alami. Sedangkan sang ibu harus menguatkan diri guna membangun kembali keluarganya.


[ source ]
Pertemuan tak terduga dengan sosok makhluk aneh yang ternyata berdiam di dalam gubuk kumuh di dekat rumah baru mereka, merubah segalanya. Makhluk aneh itu adalah remaja laki-laki yang mirip gelandangan miskin serta kelaparan. Anehnya ia tidak mampu berbicara atau berkomunikasi secara normal, tingkah lakunya terkadang tenang, namun sewaktu-waktu bisa menjadi beringas serta menakutkan. Namun seiring dengan waktu, sedikit demi sedikit ia berubah berkat perlakuan sang ibu yang lembut hati, Soon Ja yang periang bahkan Sooni yang masih suka marah-marah akibat kepindahan mereka, menemukan daya tarik tersendiri pada diri bocah laki-laki ini. Mereka bahkan memberinya nama : Cheol Soo. Karena pihak kepolisian maupun badan sosial tidak bersedia mengurus bocah gelandangan ini, maka keluarga Sooni secara tidak langsung ‘mengadopsi’ Cheol Soo. 

Kehidupan baru keluarga ini mulai berjalan dengan lebih baik. Hingga muncul sumber keonaran bernama Hwang Ji Tae – putra mantan partner ayah Sooni, yang sombong, arogan serta senantiasa mencari kesempatan untuk mencari keuntungan pribadi dengan segala cara. Ji Tae tertarik pada Sooni yang tak pernah mau menerima ajakannya. Ia bahkan berniat melakukan hal-hal buruk dengan memanfaatkan kesempatan saat keluarga Sonni dalam kesulitan. Rencananya untuk memperdaya Sooni terganggu dengan adanya Cheol Soo yang selalu berada di dekat Sooni. Bocah aneh yang tak bisa berbicara itu memiliki kekuatan aneh serta pandangan menakutkan bagi diri Ji Tae yang menganggap dirinya tak terkalahkan. Dan suatu hari Ji Tae menemukan cara untuk memanfaatkan keberadaan Cheol Soo sebagai kambing hitam segala permasalahannya, dan Ji Tae akan dapat meraih dua hal sekaligus : menyingkirkan Cheol Soo dan memiliki Sooni.

[ source ]
Kisah yang diangkat dari sebuah melodrama populer di Korea, yang dibintangi oleh Song Joong Ki sebagai Cheol Soo dan Park Bo Young sebagai Kim Sooni ini, dituturkan ulang oleh Kim  Mi Ri dengan kalimat-kalimat yang lugas dan cukup menarik. Meski pada dasarnya diriku bukanlah penggemar kisah melodrama modern Korea, apalagi membaca kisah drama populer yang penuh dengan gaya bahasa serta ungkapan ynag cukup ‘aneh’ jika diterjemahkan, untuk kali ini mampu memberikan kesan yang cukup dalam. Anehnya kesan tersebut justru kudapati menjelang akhir hingga ending kisah ini. Yang berdampak pada ‘bocornya-kantong-air-mata’ akibat kalimat-kalimat pendek yang tercantum di lembar-lembar akhir kisah ini. Dengan menggunakan penuturan ‘flash-back’ ke masa silam, tepatnya empat puluh tujuh kemudian, sosok Sooni yang telah menjalani kehidupan baru di Amerika, kembali ke Korea untuk mendapati kenangan serta janji masa lalunya tetap setia menanti dirinya di tempat yang sama.
Ketika Cheol Soo kembali ke pondok, tidak ada siapa pun di dalamnya. Rumah itu kosong melompong. Sooni, Ibu, dan Soon Ja tidak ada di sana. Yang tertinggal hanya sebuah gitar dengan sehelai kertas bertuliskan : “Tunggulah. Aku akan kembali menemuimu.”
Maka Cheol Soo menanti dan menanti. Mulai ulat berubah menjadi kupu-kupu yang indah dan terbang bebas di padang penuh bunga yang berkembang, hingga satu demi satu kelopaknya berguguran, digantikan turunnya butiran salju, menanti kemunculan kupu-kupu baru dari kepompongnya.
" A WEREWOLF BOY | 2012 Movies Trailer " [ source : www.youtube.com ]

[ more about “A Werewolf Boy”, also check on here : Official Website (Korean) | Official Website (USA) | Internet Movie Database | Wikipedia ]

Best Regards,

2 comments:

  1. wah, ini ada filmnya juga,...
    jadi pengen baca setelah udah nonton filmnya. barangkali dapet sensasi yg sama-sama seru, di buku smaa di film..

    ReplyDelete

Thank's for visiting & don't forget to leave your marks on comment form. Looking forward for your input & your next visit soon (^_^)
Terima kasih telah berkunjung & silahkan tinggalkan jejak berupa komentar, saran serta inputan. Kami tunggu kunjungan berikutnya (^_^)