Moderator

My photo

Bookaholic | Movies Addic | Love Travelling | Culinary Foodie | Book Blogging | Likes Music & Dance Performance

Google+ Followers

Translate

Friday, February 15, 2013

Books "UNFORGETTABLE LOVE"



Books “UNFORGETTABLE LOVE”
Judul Asli : THERE IS A LOVE CALLED UNFORGETTABLE
Copyright © Tang Xiao Lan, 2010
Penerbit Serambi Ilmu Semesta
Alih Bahasa : Christanti Yuliana
Editor : M. Sidik Nugraha & Dian Pranasari
Cetakan I : Juni 2012 ; 589 hlm 

Zhuo Xiao Bing – seorang wanita muda, cantik dan menarik, cerdik sekaligus tangkas dalam melakukan pekerjaannya sebagai pemburu berita di dunia hiburan. Ia mampu menyelidiki serta memotret pasangan selebriti yang terlibat hubungan rahasia, kemudian menjualnya pada tabloid yang berani membayar mahal. Dan kali ini pun ia melakukan hal yang sama, ketika aktris terkenal He Li terlihat bersama seorang pria tak dikenal. Hasil pemotretan tersebut menambah pemasukan uang yang tidak sedikit ke kantongnya, namun yang tidak ia ketahui, peristiwa itu menjadi awal perubahan dalam kehidupannya. 

Dimulai dengan penugasan mendadak dari Wakil Editor Dong Wei, agar ia menggantikan tugas wawancara eksklusif dengan pimpinan baru Du Lun Entertainment – sebuah perusahaan media terbesar di Hong Kong, yang sedang membuka cabang di Cina. Xiao Bing menduga penugasan mendadak ini merupakan ‘balas-dendam’ Dong Wei yang merupakan sahabat baik aktris He Li yang menjadi headline di tabloid gara-gara potret Xiao Bing. Namun ia sama sekali tak menduga hal ini berbuntut panjang. Karena Direktur Du Lun Cina yanga harus ia temui adalah Tang Zheng Heng – pria yang ia potret sebagai ‘kekasih rahasia’ He Li. Dan pria tampan tapi dingin dan angkuh itu membalasnya dengan tindakan yang justru menempatkan Xiao Bing pada posisinya --- sebagai berita utama dalam tabloid !!


Skandal lama terlupakan, skandal baru menjadi berita hangat yang dicari dan diburu. Xiao Bing mendapati dirinya yang selalu menjadi pemburu, kali ini menjadi mangsa buruan. Dan sekali lagi Dong Wei menjatuhkan keputusan : agar Xiao Bing pergi keluar dari Beijing, meliput kontes pemilihan bakat di Shanghai, sebuah tugas remeh yang biasanya dikerjakan oleh pegawai pemula. Xiao Bing tahu bahwa Dong Wei sudah lama memendam keinginan ‘mengusir’-nya, maka tanpa mampu bertindak lebih jauh, terlebih mengingat situasi yang dihadapinya, ia menyiapkan diri bepergian beberapa lama, sampai ‘hukumannya’ dicabut kembali. 

~ Tiffany as Zhuo Xiao Bing ~ (^_^)
Xiao Bing adalah seorang pekerja keras, sehingga meskipun ia tahu ini merupakan tugas-hukuman, ia tetap menjalankannya sepenuh hati. Apalagi saat di kontes tersebut, ia bertemu pemuda menarik bernama Xiao Ling, bocah nakal yang periang dengan wajah imut dan lucu yang memiliki tanda lahir berupa tahi lalat air mata di sudut kiri bawah matanya. Bocah yang nama aslinya Tong Jing Liang ini langsung mengingatkan Xiao Bing akan kenangan masa lalu serta janji yang telah diucapkannya. Kontes pemilihan bakat yang telah mencapai pemilihan sepuluh besar ini ternyata berjalan tidak semulus yang tampak di permukaan. Xiao Bing yang sepanjang hidupnya bekerja dengan mengandalkan intuisi serta kejelian untuk melihat sesuatu yang tidak pada tempatnya, menaruh kecurigaan pada beberapa hal yang ia lihat di belakang layar. 

Dimulai dengan persaingan ketat antara Tong Jing Liang dengan He Feng Lei serta peran serta Du Xiao – salah satu finalis pemenang dari Shanghai yang diunggulkan. Dan ketika Xiao Bing melihat pertemuan rahasia antara Du Xiao dengan aktris He Li, yang membuatkan penasaran mengapa aktris setenar He Li khusus datang ke acara remeh seperti ini. Ternyata penyelidikan Xiao Bing membawanya kembali kepada Du Lun Entertainment, dengan menghubungkan antara Tang Zheng Heng-He Li-Du Xiao maka akan terbentuk konspirasi rahasia yang memanfaatkan kontes pemilihan bakat itu. 

~ Si Won as Tang Zheng Heng ~
Xiao Bing memiliki agenda rahasia tersendiri selain berusaha mengeruk keuntungan dari rahasia yang ia ketahui itu. Dengan memanfaatkan segenap cara serta kekuatan ‘pengaruh’ yang ia miliki, maka ia pun berjuang ‘membantu’ Tong Jing Liang secara diam-diam. Dengan menggunakan perhatian He Feng Lei yang tulus mengasihi Tong Jing Liang, meski dari luar mereka selalu tampak berkelahi,  Xiao Bing secara tidak langsung menyarankan agar mereka berdua saling mendukung, sehingga gabungan kekuatan suara mereka berdua sebagai salah satu finalis dengan pendukung besar, akan mampu menandingi kekuatan suara yang memilih Du Xiao yang tampaknya memiliki suara terbanyak. Penggabungan dua idola yang memiliki pengikut tidak sedikit itu membuat posisi yang semula tertinggal jauh, menjadi setara. Penampilan Tong Jing Liang yang polos serta latar belakangnya yang mengharukan, mampu di-ekspos oleh penyelenggara, sehingga penonton menjadi jatuh-hati pada bocah imut  yatim-piatu dengan suara menghanyutkan, yang sedang dalam misi mencari ibunya yang hilang lewat kontes ini. 

Tong Jing Liang akan mampu mengalahkan Du Xiao, namun Xiao Bing tahu ia harus turun-tangan langsung karena kendali bukan berasal dari jumlah suara pemilih, melainkan di tangan pimpinan Du Lun Cina yang berdiri di belakang layar. Satu-satunya jalan yang ia ketahui adalah berhadapan langsung dengan Tang Zheng Heng – pria yang menakutkan, namun mampu menghadirkan perasaan lain di hati Xiao Bing, perasaan yang tak pernah ada sebelumnya karena ia telah ‘mematikan dan menulikan’ hati serta jiwanya terhadap satu hal : Cinta Kasih- sebuah harga yang mahal, yang hanya akan menyakitkan pada akhirnya. Tanpa ia ketahui, Tang Zheng Heng pun memiliki rahasia kelam yang menjadi beban hidupnya selamanya, rahasia yang menyangkut kehidupan masa lalu Xiao Bing. Dan kini wanita yang wajahnya membayangi mimpi-mimpi buruknya, ada di depannya, berusaha menegosiasikan nasib seseorang. 

Zhu Xiao Bing adalah wanita yang pantang menyerah, dengan kemauan keras serta tekad bulat, ia menjaga orang-orang yang ia kasihi meski ia lakukan secara diam-diam. Dan ia sudah mendidik dirinya agar tidak menjadi orang yang ‘lemah-hati’ dalam dunia hiburan yang ganas, saling menikam satu sama lain. Pertarungan yang melibat antara dua raksasa media Du Lun Entertainmet dan Tian Yi, ternyata berbuntut pada perseteruan serta perebutan kekuasaan di dalam kerajaan bisnis Du Lun, antara putra tunggal serta putra hasil hubungan gelap, yang menyeret kehidupan sekian banyak orang, sehingga masing-masing saling ‘menikam’ tanpa tahu secara jelas duduk permasalahannya.  

Kesan :
~ Dong Hae as Ji Si Nan ~
Membaca kisah drama yang penuh dengan intrik serta konflik yang berkesinambungan ini sungguh sangat menarik, sekaligus menggugah rasa penasaran. Meski sudah bisa menduga-duga berbagai rahasia yang baru terungkap secara bertahap, tetap saja unsur ‘surprise’ dalam memainkan berbagai karakter di dalamnya patut mendapat acungan jempol. Jika Anda terbiasa menonton drama Asia yang berkepanjangan semacam telenovela, maka buku ini bisa dikatakan merupakan versi miniseri kisah-kisah tersebut. 

Sebagai hasil tulisan pertamanya yang berupa novel, maka penulis memiliki ide-ide yang sangat luas untuk dikembangkan, namun ada beberapa kejanggalan yang muncul, detil-detil latar belakang yang tak disebutkan, sehingga para karakter bagai ‘boneka’ yang mendadak muncul dari dalam kotak, tanpa penjelasan lebih lanjut, turut meramaikan suasana, kemudian menghilang kembali di balik layar. Seakan penulis berusaha memasukan semua unsur serta ide secara bersamaan, akibatnya kisah ini sarat dengan keramaian serta keributan, namun emosi yang terlibat terasa dangkal, kurang mendalam untuk lebih mengenal karakter-karakter utamanya. 

Selain itu, yang juga mengganggu proses kenyamanan dalam membaca, entah mengapa di sana-sini, terjadi perpindahan seting, perpindahan karakter, tanpa ada tanda-tanda atau semacam prolog pembuka, dan ini masih dalam satu halaman, hanya berbeda paragraf. Selain membuat bingung, karena terjadi berkali-kali, terus terang membuatku agak jengkel. Entah ini memang merupakan saduran asli sang penulis yang memang suka ‘meloncat-loncat’ dalam penulisannya, atau ada editan dalam terjemahan yang dihilangkan tanpa membuat sebuah ‘sambungan’ yang mengenakan pembaca. Seperti ada sebuah paragraf yang hilang di antaranya ... 

Maka sangat disayangkan, dengan ide serta plot yang sudah disusun, seharusnya kisah ini bukan sekedar drama – romance biasa, tapi bisa menjadi kisah drama thriller yang menakjubkan. Satu hal yang patut disoroti, penggunakan nama-nama lengkap karakter, cukup memudahkan pengenalan puluhan karakter yang bermunculan di sana-sini, karena jika mengikuti kisah drama Asia, biasanya tercampur dengan nama lengkap, nama julukan serta nama panggilan (yang akan membuat pembaca bisa semakin kebingungan, berbeda dengan acara televisi, yang mampu menggunakan acuan wajah masing-masing karakter sebagai pengenal satu dengan yang lain).

Best Regards,

 

No comments:

Post a Comment

Thank's for visiting & don't forget to leave your marks on comment form. Looking forward for your input & your next visit soon (^_^)
Terima kasih telah berkunjung & silahkan tinggalkan jejak berupa komentar, saran serta inputan. Kami tunggu kunjungan berikutnya (^_^)